Yuk, kenalan sama Internet of Things! Teknologi yang mampu mengubah dunia

sumber: pixabay.com



#SobatKom, ada yang pernah kena eTilang? Nggak pernah dicegat polisi, tapi tiba-tiba dapet surat tilang dengan bukti kendaraan kalian yang melanggar lampu APILL. Kok bisa, ya?

Nah, eTilang adalah salah satu penerapan Internet of Things menggunakan perangkat cerdas yang saling terhubung dan terintegrasi melalui jaringan. Berikut adalah beberapa unsur teknologi di dalamnya:

1. Sensor CCTV sebagai perangkat untuk menangkap dan mengambil informasi yang terjadi di lapangan. 2. Sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang berguna untuk mengecek informasi yang ditangkap ke dalam database dan membuat laporan pelanggaran lalu lintas.

3. Konektivitas untuk mengirimkan informasi yang sudah diolah oleh AI dan CCTV kepada petugas. 4. Perangkat Komputer yang digunakan untuk menerima data yang sudah diolah menjadi eTilang dan siap dikirim.

Ada gak sih contoh penerapan IoT lainnya di Indonesia? Ada banget Sob, kayak penerangan Jalan Umum Smart System yang bisa dikontrol jarak jauh dan memberikan notifikasi apabila terjadi kerusakan. Terus, Informasi banjir online dengan sensor yang mengukur ketinggian air.

Beberapa startup di Indonesia juga sudah mengimplentasikan IoT untuk memecahkan masalah bangsa lho #sobatkom. Ini beberapa contohnya:

eFishery mengembangkan inovasi Smart Feeder, yaitu pemberi pakan ikan otomatis yang juga mampu mencatat data pemberian pakan hingga pertumbuhan ikan. Melalui inovasi ini, industri perikanan bisa berjalan semakin efektif dan efisien.

Startup lainnya adalah Qlue yang mungkin sudah sering, #SobatKom denger. Mereka adalah penyedia layanan smart city yang bekerjasama dengan berbagai lembaga pemerintahan maupun swasta. Tujuannya agar permasalah dalam kota bisa ditangani secara cepat dan tepat.

Ada juga Nodeflux yang berfokus pada pengembangan AI dan video analytics melalui machine learning dan Big data. Terus, ada HARA yang hadir untuk menghubungkan petani dengan bank, lembaga asuransi, serta faktor produksi melalui data untuk pertumbuhan berkelanjutan bagi pertanian.

Sebenernya masih banyak lagi penerapan IoT yang sudah dimulai di Indonesia. Nah kalian sendiri, punya perangkat IoT di rumah gak nih?


Anda mungkin menyukai postingan ini